Furukawa Battery – Dalam sebuah rally yang membutuhkan waktu berhari-hari, sumber kelistrikan yang tangguh tentu sangat menunjang performa sebuah tim. Gunjangan hebat karena kendaraan dipacu cepat pada permukaan jalan tidak rata juga membutuhkan performa aki yang tangguh.
Nah, untuk keandalan dalam rally, aki Furukawa Battery tak perlu diragukan lagi. Terdaftar sebagai Tim Furukawa Battery Indonesia, aki FB sudah berlaga di ajang Asia Cross Country Rally (AXCR).
AXCR atau “Asian Rally” diadakan pada bulan Agustus setiap tahun. Berawal dari Thailand, rute rally ini kemudian “mengular” ke negara-negara sekitarnya. Rute ini sangat variatif, mulai daerah pegunungan, hutan, pantai, perkebunan, aspal, dan sirkuit.
Rally yang dimulai sejak tahun 1996 ini diselenggarakan di 8 negara seperti: Thailand, Malaysia, Singapura, China, Laos, Vietnam, Kamboja, dan Myanmar. Tahun 2018 ini, AXCR memperoleh persetujuan dari Federation International Automobile (FIA) sebagai rally lintas negara terbesar di Asia. Sejajar dengan Dakar Rally.
Untuk AXCR 2018 akan dimulai dari Pattaya (Thailand) pada hari Minggu 12 Agustus, kemudian menuju Aranyaprathet, Briram, melintasi perbatasan Thailand – Kamboja, O-Smach, Kampong Thom, Kampong Cham, dan berakhir di Phunom Penh (Kamboja).
Dalam AXCR 2017, Tim Furukawa Battery diwakili oleh Kadex Ramayadi dan Rudy Poa di kelas roda dua. Pada musim 2016, kedua pembalap Indonesia itu tidak begitu maksimal dalam mengarungi kejuaraan. Bukan tanpa alasan, pasalnya mereka hanya memiliki waktu yang minim untuk melakukan adaptasi dengan motor.
Hal itu dikarenakan motor yang digunakan oleh Kadex dan Rudy merupakan motor pinjaman. Kendati begitu, mereka mampu meraih hasil yang cukup mengejutkan para peserta dari negara lain.
Pada ajang AXCR 2017, di klasemen akhir Kadex menempati posisi ke-5 dari 23 peserta setelah enam hari menggeber motornya melintasi jarak 2.800 km. Sedangkan Rudy ada di peringkat 9. Dari enam leg yang harus dijalani, Kadek berhasil menyabet juara pertama di Leg 1 dan Leg 5. Selain itu, Tim Furukawa Indonesia berhasil menyabet juara ke-2 di kategori tim.
Kedua pembalap motor tadi memang bukan nama baru di ajang dirt bike (motor trail) Indonesia. Pada tahun 2016, Rudy telah menimba pengalaman di ajang AXCR saat menjadi manajer bagi rider asal Indonesia, Muchlies Adies Setyawan.
Tak hanya turun di kelas roda dua, Tim Furukawa Battery Indonesia juga turun di kategori mobil. Adalah Lody Francis Natasha dan Memen Harianto yang dipilih untuk mewakili kelas roda empat. Kedua pebalap ini juga sudah malang melintang di ajang speed offroad Tanah Air.